Pancasila


Pancasila

Sukri, Pancasila bagiku adalah waktunya shalat ya shalat, wajibnya puasa ya puasa, sayang kepada tetangga, bakti kepada orangtua, buang sampah pada tempatnya, menghargai perbedaan, sayang anak, sayang istri, memaafkan kesalahan, dan seterusnya. Koridornya adalah niat baik dan berbuat baik.

Sukri, patah hati kemudian bangkit lagi adalah pancasila. Itu masuk dalam sila pertama dan kedua: Ketuhanan yang maha Esa: Kamu percaya dan melibatkan Tuhan dalam tragedi hidupmu. bahwa patah hatimu membuat kau berdoa untuk diberikan kesembuhan. Lalu kemanusiaan yang adil dan beradab membuatmu sadar bahwa sebelum adil terhadap orang lain, kau harus adil terhadap dirimu sendiri. Dengan lebih menyayangi hidupmu daripada mantanmu.

Di lain hal sayang terhadap tetanggamu, Sukri. itu sila ketiga: dengan menyangi tetanggamu maka kamu sudah menegakkan persatuan Indonesia. Kemudian hormatilah kedua orangtuamu. Kalau dinasihati jangan membantah. ikuti apakata orangtua untuk kebaikanmu (selama orangtua suruh kamu untuk kebaikan). itu sudah cermin dari sila ke empat.

Maka Pancasila bagiku adalah hal-hal yang paling mendasar dalam kehidupan dikeseharian. jika sila satu sampai empat kita siap peraktikan maka sila ke lima semoga terwujudkan. Amiiin ya suk amiiin. Ahh Sukri itu pendapat saya.


0comments