Catatan Paryo Bag 6


Yo, Paryo, biasanya kan ada orang begini, makan mie rebus malem-melem dipoto trus kasih caption "bahagia itu sederhana".

Adalagi yang poto sambil pegang barang yang baru dibeli trus hastag #bahagiaitusederhana . dan masih banyak contoh-contoh lain.
.
Seandainya saja mereka tahu Yo bahagia itu tidak sederhana. Seandainya saja mereka sadar bahwa yang dimaksudkan oleh diri mereka adalah senang bukan bahagia. Pasti mereka mikir ulang, apa betul saya sudah bahagia? Atau apa betul makan mie adalah kebahagiaan? Trus kalau mie-nya ternyata gak enak apakah masih tetap bikin bahagia? Atau kalau gak makan mie apakah gak bahagia? Juga di hal-hal lain yang sifatnya kebendaan. .
Karena bahagia tak bergantung pada pada apapun. Apalagi dengan benda. Meski hapenya bukan iphone atau galaxy s7, ia tidak terpengaruh lingkunganyan dan tetap bahagia. Lain contoh, meski si anu diputusin pacarnya, tapi si anu hidupnya baik-baik saja dan tak butuh waktu lama untuk tersenyum kembali. Karena si anu tahu bahwa sumber kebahagiaan tidak datang hanya dari pelukan sang kekasih.
.
Lain halnya dengan kesenangan. Kata Cak Nun, "kesenangan itu lemah dan sementara." .
Mudeng kamu, Yo? Aku ya enggak!


0comments